Selasa, 29 Desember 2009

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Tugas makalah ini disusun untuk memenuhi mata kuliah fiqh dan pembelajaran

Dosen Pengampu:Drs.Radino,M.Ag.

E:\PICTURE\LOGO UNIVERSITAS\Best Logo IAIN.jpg
Disusun oleh :

Agus Firmansyah(07410356)

Iswanto(07410 )

PAI (

JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

FAKULTAS TARBIYAH

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA

2009

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran :Fikih

Satuan Pendidikan :MAN Maguwoharjo

Kelas :XII

Semester :Genap (II)

Waktu :2X10 Menit

I.Standar Kompetensi

Menjelaskan tentang warisan

II.Kompetensi Dasar

Memahami tentang pewarisan harta

III.Indikator

1.menyebutkan pengertian warisan

2.menyebutkan syarat dan rukun warisan

3.menyebutkan sebab-sebab dan halangan mewarisi

IV.Materi Pokok

1.Pengertian mawaris

Secara bahasa mawaris adalah bentuk jamak dari kata miras yang berarti harta yang diwariskan.adapun secara istikah ,mawaris adalahilmu tentang pembagian harta peninggalan seseorang setelah ia meninggal dunia.pembagian harta tersebut diatur dalam fikih waris atau ilmu faraid.

Istilah faraid sendiri berasal dari kata al-faraid yang merupakan bentuk jamak dari kata faraidah.kta faraidah berasal dari kata farada ,yang berarti ketetapan,ketentuan bagian,atau ukuran.sebagai istilah yang dipakai dalam ilmu faraid oleh faradiyyun (orang-orang yang ahli dalam hal pembagian harta warisan),kata faraid diartikan sebagai kata mafrudah,bagian yang ditentukan kadar jumlahnya.para ahli ilmu faraid mendefinisikan sebagai pengetahuan yang berkaitan dengan peninggalan harta pusaka ,cara menghitung pembagiannya,serta bagian masing-masing ahli warisnya menurut ketentuan syara’

Wave: Ilmu faraid adalah ilmu yang mempelajari ketentuan pembagian harta peninggalan seseorang untuk para ahli warisnya menurut hokum islam.


2.syarat-syarat waris

Menurut ulama fikih syarat-syarat terjadinya pewarisan adalah tiga hal sebagai berikut,

· Meninggalnya seseorang baik secara hakiki maupun secara hokum.seseorang yang dinyatakan meninggal baik secara halili maupun secara hulum,berarti ia telah meninggal dan diketahuai oleh seluruh ahli warisnya atau sebagian dari mereka.jika seseorang menghilang tidak diketahuai keberadaannya maka dasar yang dipakai adalah ketentuan hakim atas orang tersebut.

· Adanya ahli waris yang hidup pada saat pewaris meninggal dunia.pemindahan hak kepemilikan dari pewaris harus dilakukan kepada ahli warisnya yang benar-benar masih hidup.

· Seluruh ahli waris diketahuai secara pasti ,termasuk jumlah bagian masing-masing.



Horizontal Scroll: Syarat –syarat waris ada tiga yakni meninggalnya seseorang ,adanya ahli waris yang hidup pada saat pewaris meninggal dunia,seluruh ahli waris diketahui secara pasti ,termasuk jumlah bagian masing-masing.


3.rukun waris

Rukun waris terdiri atas tiga hal yang saling berkaitan.jika salah satu rukun tersebut tidak ada ,maka pewarisan tidak akan bisa dilaksanakan.menurut ulama fikih ,rukun waris mewarisi sebagai berikut.

Ø Orang yang meninggal dunia .pewaris atau muwaris adalah orang yang meninggal dunia ,dan ahli warisnya berhak mewarisi harta peninggalanya tersebut.

Ø Harta benda yang ditinggalkan.harta warisan adalah segala jenis benda atau kepemilikan yang ditinggalkan pewaris baik berupa uang ,tanah,barang,dan sebagainya.harta ini bisa disebut tirkah atau miras yaitu harta atau hak yang berpindah dari pewaris kepada ahli waris.

Ø Oval Callout: Rukun waris yaitu orang yang meninggal,harta benda yang ditinggalkan,dan orang yang akan mewarisiOrang yang akan mewarisi .ahli waris adalah orang yang berhak menguasai atau menerima harta peninggalan muwaris karenan adanya ikatan kekerabatan ,ikatan permikahan,atau sebab lainnya.

4.Sebab –sebab mewarisi

dalam ilmu faraid,pengalihan hak atas kekayan bisa terjadi karena tiga sebab.ketiga penyebab tersebut dapat dikelompokkan dalam dua bagian sebab keturunan (sabab nasabiyah) dan sebab tertentu .

Ø Hubungan kekerabatan

Ø Hubungan perkawinan

Ø Memerdekakan budak

5.Halangan mewarisi

Meskipun sebenarnya banyak hal yang dapat menghalangi aeaeorang dalam mendapatkan warisan ,namun kebanyakan ahli faraid hanya menyebutkan tiga penghalang pewarisan

Ø Pembunuhan

Ø Perbedaan agama

Ø Perbudakan

V.Metode Pembelajaran

Interactive Lecturing dan

VI.Langkah-langkah Pembelajaran

No

Kegiatan Guru

Siswa

Strategi

waktu

1.

Kegiatan awal

a.Salam (Guru mengucapkan salam islami kepada para siswa sambil berdiri)

b.Menarik perhatian siswa (dengan menanyakan kabar siswa )

c.Guru meminta salah satu siswanya untuk berdoa .

d.Apersepsi(Menanyakan materi pelajaran sebelumnya yang terkait dengan materi yang akan disampaikan )

e.memberi acuan .(dengan menjelaskan indikator yang ingin dicapai dalam pembelajaran

f.Pre-test(menanyakan secara lisan tentang pengetahuan siswa terhadap materi yang ingin disanpaikan )

pertanyaan sebagai berikut:

1.apa yang anda ketahui tentang ilmu faraid?

a.Siswa menjawab salam guru dengan duduk dan serentak .

b.Siswa memperhatikan dan menjawab mengikuti petunjuk guru

c.Siswa berdoa secara bersama-sama

d.Siswa diminta untuk menjawab

e.Siswa mendengarkan

f.Siswa diminta untuk menjawab

Interactive lecturing

5 menit

2.

Kegiatan inti

a.guru membagi kertas yang berupa paragraph yang tidak utuh.

b.guru menjelaskan tentang ilmu faraid

c.guru meminta siswa membuat pertanyaan di kertas yang dibagikan dari penjelasan

d.guru mengumpulkan kertas tersebut tersebut dan menjawab sebagian pertanyaan siswa

a. siswa menerima kertas tersebut

b.siswa mengisi lembarab yang kosong tersebut

c.siswa melaksanakan

d.siswa mendengarkannya

10

Menit

3.

Kegiatan akhir

a.Guru menyimpulkan materi pelajaran

b.Post-test(Dengan menanyakan ulang dari pertanyaan yang termuat )

c.Guru meminta ketua kelas untuk memimpin doa untuk menutup pelajaran

d.Guru mengucapkan salam islami sebelum keluar kelas

a.Siswa diminta untuk mendengarkan

b.Siswa diminta untuk menjawab secara bergantian

c.Siswa melaksanakan perintah guru

d.siswa mendengarkan dan menjawab salam secara bersama –sama

Interactive lecturing

5

Menit

VII.Alat dan Sumber Belajar

1.Alat :Potongan kertas dan pulpen

2.Sumber belajar

a.Silberman ,Mel.2002.Active Learning,101 Strategi Pembelajaran Aktif.Yogyakarta:YAPPENDIS

b.Sudjono,Anas.2008.Pengantar evaluasi pendidikan.Jakarta:Rajawali Press

c.Winkel,W.S.2007.Psikologi Pengajaran.Yogyakarta :Media abadi.

d.Manasikana ,Arina.2007.waris.Yogyakarta:Insan Madani

e.Rasjid,sulaiman.2009.Fiqh Islam.Bandung:Sinar Baru Algesindo

VIII.Penilaian

a.Keaktifan siswa dalam pembelajaran

b.lisan

menjawab pertanyaan yang diberikan guru

c.Fortopolio

Mengumpulkan hasil diskusi yang berlangsung dan tulisan –tulisan yang disusun tiap kelompok

Yoygyakarta ,27 Oktober 2009

Mahasiswa

Agus Firmansyah

07410356

Pebimbing

Drs.Radino ,M.Ag

LAMPIRAN SOAL DAN JAWABAN

soal

Secara ……… mawaris adalah bentuk jamak dari kata …… yang berarti harta yang diwariskan.adapun secara istilah ,mawaris adalah ilmu tentang pembagian harta peninggalan seseorang setelah ia meninggal dunia.pembagian harta tersebut diatur dalam fikih waris atau ilmu …….

Ilmu faraid adalah ilmu yang mempelajari ketentuan pembagian harta peninggalan seseorang untuk para ahli warisnya menurut …….. islam.

Syarat –syarat waris ada ……. yakni meninggalnya seseorang ,adanya ahli waris yang …….. pada saat pewaris meninggal dunia,seluruh ahli waris diketahui secara …….. ,termasuk jumlah bagian masing-masing.

Rukun waris yaitu orang yang ………,harta benda yang ditinggalkan,dan orang yang akan mewarisi.

Pilihlah jawaban yang cocok untuk melengkapi paragraph tersebut

1.miras

2.faraid

3.tiga

4.meninggal

5.hukum

6.hidup

7.pasti

Jawaban

LAMPIRAN PENILAIAN

Penilaian tes

Tiap item soal skor maksimal 10

Keaktifan

No

unsur yang diamati

skor

1

menanyakan materi pelajaran yang disampaikan

1

2

3

4

5

2

mengikuti perintah guru

1

2

3

4

5

3

menjawab pertanyaan saat pembelajaran

1

2

3

4

5

4

menyatakan pendapat ketika pembelajaran

1

2

3

4

5

5

menempatkan diri ketika pembelajaran

1

2

3

4

5

6

melaksanakan perintah saat pembelajaran

1

2

3

4

5

7

membantu temannya dalam pembelajaran

1

2

3

4

5

8

mendiskusikan materi dalam pembelajaran

1

2

3

4

5

9

menanmpilakan diri ketika pembelajaran

1

2

3

4

5

10

menyelesaikan tugas ketika pembelajaran

1

2

3

4

5

Fortopolio

No

indikator penilaian

skor

1

penulisan kalimat

1

2

3

4

5

2

aturan EYD yang disempurnakan

1

2

3

4

5

3

kerapian tulisan

1

2

3

4

5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar